Sabtu, 23 April 2011

ANTAM Diminta Eksplorasi Tambang Jambi

Jambi, Koran Jambi

Propinsi Jambi memiliki banyak kekayaan yang terdapat diberbagai kabupaten, kondisi ini kian memberikan harapan bagi propinsi Jambi untuk memiliki tambahan pendapatan melalui pemanfaatan sumber daya alam secara berimbang.

Kekayaan alam yang dimiliki Jambi terdapat dipermukaan bumi dan berada diperut bumi dengan klasifikasi dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui yang tersebar diberbagai daerah.

Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah terdapat berbagai kekayaan alam yang mesti dilakukan penjajakan yang lebih mendalam. Terutama pertambangan di Provinsi Jambi yang berkemungkinan terdapat minyak dan gas, batubara, emas, dan batu gamping.

PT Aneka Tambang (Antam) telah mencoba melakukan eksplorasi. Lima tahun perusahaan BUMN tersebut melakukan eksplorasi di Provinsi Jambi menjajaki potensi emas dan diharapkan berlanjut pada tahap eksploitasi.

Sekretaris Daerah Propinsi Jambi, Ir. Syahrasaddin, M.Si minta agar PT Aneka Tambang (Antam) mempercepat eksplorasi di Provinsi Jambi. Percepatan selesainya eksplorasi akan mempercepat dilakukannya eksploitasi yang melibatkan berbagai pihak, diharapkan menambah pendapatan Propinsi Jambi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Apalagi wilayah pertambangan emas dan batubara terdapat di tiga kabupaten, yakni di Merangin, Sarolangun, dan Tebo.

Made Surata, Vice President PT Antam, menyatakan eksplorasi di Provinsi Jambi selama lima tahun lebih dan belum melakukan eksploitasi, tingkat keberhasilan eksplorasi emas sangat kecil di Kabupaten Merangin, Kabupaten Sarolangun, dan Kabupaten Tebo.

PT Antam yang 65% sahamnya milik pemerintah, akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempercepat eksplorasi, diharapkan berlanjut ke tahap elsploitasi, apalagi harga emas cenderung naik secara berkelanjutan.

Tingkat keberhasilan eksplorasi emas adalah 1 banding 63. Sudah sekitar 12 ton batu yang sudah dibawa dari perut bumi Merangin ke Jakarta, tetapi kandungan emas rendah, PT Antam sudah berusaha keras.

Memang kandungan emas yang didapat masih rendah. Selama kegiatan eksplorasi di Provinsi Jambi, PT Antam sudah mengeluarkan sebesar Rp 38 miliar.(001)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar