Sabtu, 23 April 2011

Pemerintah Verifikasi Dan Validasi Data Peternakan

 

Jambi, Koran Jambi

Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Jambi dipimpin oleh Ir. Husni Jamal, MagrSt yang saat ini tengah melakukan program kerja verifikasi dan validasi data peternakan.

Verifikasi dan validasi data peternakan tahun 2011 melibatkan seluruh dinas yang menangani fungsi-fungsi peternakan Kabupaten/Kota dalam Propinsi Jambi yakni petugas pengelola data statistik peternakan Kabupaten/Kota; kepala seksi/staf bagian perencana/program peternakan Kabupaten/Kota; kepala seksi/penanggung jawab data statistik peternakan Kabupaten/Kota.

Tujuan verifikasi dan validasi data peternakan adalah menghimpun data peternakan Jambi 11 Kabupaten/Kota, terutama populasi dan produksi peternakan, untuk mendapatkan angka tetap 2010 dan angka sementara (ASEM) 2011 statistik peternakan Provinsi Jambi tahun 2010. Hal ini untuk dibahas ditingkat Nasional.

Beberapa waktu lalu, pertemuan Verifikasi Dan Validasi Data Peternakan Tahun 2011 yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Jambi ini di Grand Hotel Kota Jambi selama 2 (dua) hari, dimulai tanggal 3 sampai dengan 4 Maret 2011.

Pusdatin kementrian Pertanian memberikan materi dan bimbingan kepada petugas Kabupaten/Kota. Ir. Roch Widaningsih, Msi dan Suyati, S.Kom sebagai narasumber.

Materi yang disampaikan mengenai Pedoman Pengumpulan Data Peternakan dan Cara operasional e-Form Peternakan. e-Form Peternakan dikembangkan oleh Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (PUSDATIN).

Hal ini adalah sebagai terobosan mengembangkan metode pelaporan data dari Kabupaten/Kota melalui internet atau e-Form Peternakan. Kegiatan tersebut masih bersifat uji coba di Kabupaten/Kota di 16 Provinsi.

Tujuan e-Form Peternakan adalah meningkatkan pengiriman data peternakan ke pusat menggunakan e-form peternakan dan meningkatkan kemampuan petugas pengelola data peternakan di tingkat Kabupaten dalam melakukan pengolahan, menganalisa dan menyajikan laporan data peternakan.(101)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar